E-Commerce:
Pasar Digital, Barang Digital
Saat ini perdagangan barang dan jasa banyak
yang menggunakan sistem e-commerce atau penjualan secara elektronik dikarenakan
manfaat yang diperolehnya dibanding berjualan secara konvensional.Berjualan
secara elektronik membuat barang yang diproduksi suatu perusahaan lebih mudah
dipromosikan kepada masyarakat dan mempermudah masyarakat untuk mengakses dan
memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan.
1. E-Commerce dan Internet
E-commerce adalah lingkungan digital yang
memungkinkan transaksi komersial terjadi diantara banyak organisasi dan
individu.Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang terjadi dalam internet
dan web.Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya uang)
melintasi batas-batas organisasi atau individu sebagai imbalan atas barang dan
jasa.E-commerce dimulai pada tahun 1995 ketika salah satu portal internet yang
pertama, Netscape.com, menerima iklan pertama dari perusahaan-perusahaan besar
dan mempopulerkan ide bahwa web dapat digunakan sebagai medium baru untuk
beriklan dan berjualan.
Sifat unik internet dan web.Penjelasan
sederhananya, internet dan teknologi e-commerce jauh lebih kaya dan canggih
daripada revolusi teknologi yang sebelumnya.Adapun yang menjadi kelebihan dari
e-commerce adalah sebagai berikut.
– Ada dimana-mana : E-commerce ada dimana-mana berarti
e-commerce memang terdapat dimana saja dan kapan saja. E-commerce memungkinkan
kita berbelanja dari komputer pribadi, dirumah, ditempat kerja atau bahkan dari
kendaraan, dengan menggunakan mobile e-commerce. Hasilnya disebut dengan ruang
pasar(marketspace) – pasar yang diperluas melintasi batas-batas tradisional
dan bukan lagi dari sebuah lokasi geografis yang sifatnya sementara.
– Jangkauan global : teknologi e-commerce memungkinkan
transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan
yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dari suatu sistem
perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk pedagang
e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia.
– Standar universal : standar teknik universal dari
internet dan e-commerce berpengaruh besar terhadap rendahnya biaya
masuk pasar – biaya yg harus dikeluarkan oleh standar universal
mengurangi biaya pencarian– usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan
barang sesuai dengan keinginan mereka.
– Kaya manfaat : dalam hal informasi, istilah kaya
manfaat merujuk pada kompleksitas dan isi dari suatu pesan.
– Interaktif : interaktivitas memungkinkan seorang penjual
online terlibat dengan pelanggan dengan cara yang sama seperti aktivitas tatap
muka, tetapi dengan skala yang lebih besar dan global.
– Kepadatan informasi : kepadatan informasi – jumlah keseluruhan
dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua peserta, pelanggan dan penjual
dipasar.
– Personalisasi/penyesuaian : personalisasi adalah pedagang dapat
mengarahkan pesan pemasarannya pada orang-orang tertentu dengan menyesuaikan
pesannya sesuai nama, alamat,minat, dan pembelian orang dimasa lalu.
Penyesuaian adalah mengubah barang atau jasa yang dijual sesuai dengan
preferensi pengguna atau perilaku yang ia tunjukkan sebelumnya.
Konsep utama dalam e-commerce adalah pasar digital dan barang digital.
Internet sangat mengurangi biaya untuk mendapatkan dan mendistribusikan informasi, dan menciptakan sebuah pasar digital dimana jutaan orang dapat bertukar jumlah besar informasi secara langsung, cepat, dan gratis. Sebagai hasilnya, internet telah mengubah cara perusahaan menjalankan kegiatan bisnisnya.
Internet sangat mengurangi biaya untuk mendapatkan dan mendistribusikan informasi, dan menciptakan sebuah pasar digital dimana jutaan orang dapat bertukar jumlah besar informasi secara langsung, cepat, dan gratis. Sebagai hasilnya, internet telah mengubah cara perusahaan menjalankan kegiatan bisnisnya.
Pasar digital sangat
fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi
yang sangat kecil, menu cost (biaya menu, biaya penjual akibat
perubahan harga) yang lebih rendah, diskriminasi harga, dan kemampuan untuk
mengubah harga dengan dinamis yang disesuaikan dengan kondisi pasar. Dalampenentuan
harga dinamis harga dari sebuah barang bergantung pada sebuah
karakteristik permintaan dari konsumen atau situasi pasokan dari penjual.
Barang digital adalah
barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital.Pada umumnya, untuk
barang digital, biaya marginal untuk menghasilkan satu unit tambahan nyaris
tidak ada.Tetapi biaya untuk menghasilkan unit asli yang pertama ternyata cukup
tinggi.
2. Komunikasi dan Komunitas
Internet telah menciptakan banyak sekali komunitas
online dimana orang-orang dengan minat sama dapat saling bertukar ide
daribanyak lokasi yang berbeda. Sumber pendapatan pertama dari komunitas ini
adalah penyediaan sarana untuk klien perusahaan untuk membidik pelanggannya,
termasuk penempatan iklan banner dan iklan pop-up disitus web. Iklan
banner adalah tampilan grafis disebuah halaman web perusahaan
pengiklan, jadi ketika seseorang mengklik banner tersebut, ia secara otomatis
akan pindah ke halaman web yang lebih banyak mengandung informasi tentang
perusahaan pengiklannya.
3. Jenis E-Commerce.
Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan
transaksi e-commerce. Tiga kategori utama dari e-commerce adalah bisnis ke
konsumen, bisnis ke bisnis, dan konsumen ke konsumen
a. E-commerce bisnis ke konsumen – melibatkan penjualan produk dan
layanan secara eceran kepada pembeli perorangan.
b. E-commerce bisnis ke bisnis – melibatkan penjualan produk dan
layanan antar perusahaan.
c. E-commerce konsumen ke konsumen – melibatkan konsumen yang menjual
secara langsung ke konsumen.
4. Mencapai Kedekatan dengan Pelanggan :
Pemasaran Interaktif, Personalisasi,
dan Swalayan
Pemasaran interaktif dan personalisasi
Alat penelusuran
clickstream mengumpulkan data tentang aktivitas pelanggan di situs-situs web
dan mencatat data tersebut.
·
Blog
Muncul sebagai alat pemasaran berbasis web lainnya yang menjanjikan. Blog istilah weblog adalah halaman web pribadi yang biasanya berisi catatan urut secara kronologis oleh penulisnya dan dihubungkan ke halaman-halaman web yang berkaitan.
Muncul sebagai alat pemasaran berbasis web lainnya yang menjanjikan. Blog istilah weblog adalah halaman web pribadi yang biasanya berisi catatan urut secara kronologis oleh penulisnya dan dihubungkan ke halaman-halaman web yang berkaitan.
·
Layanan
Pribadi Pelanggan
Banyak perusahaan
menggunakan situs web dan email untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan untuk
memberikan informasi barang kepada pelanggan, mengurangi kebutuhan tenaga yang
ahli menangani pelayanan bagi pelanggan.
5. E-Commerce Bisnis ke Bisnis : Efisiensi dan
Hubungan Baru.
Sekitar 80 persen dari e-commerce B2B masih
didasarkan pada sistem berbayar untuk pertukaran data elektronik yang
memungkinkan pertukaran informasi komputer antara dua organisasi dari transaksi
standar, seperti penagihan, surat jalan, penjadwalan, atau pesanan pembelian.
·
Pertukaran
Data Elektronik (EDI).
Perusahaan menggunakan EDI untuk
mengotomatisasi transaksi untuk e-commerce B2B dengan pengisian persediaan
secara kontinu.Pemasok dapat otomatis mengirimkan data tentang pengiriman
kepada perusahaan pembeli.Perusahaan pembeli dapat menggunakan EDI untuk
menyediakan kebutuhan produksi dan persediaan dan pembayaran kepada pemasok.
·
Jaringan
Industri Swasta.
Jaringan industri swasta, juga dikenal sebagai
pertukaran swasta, menghubungkan perusahaan ke pemasok, dan mitra bisnis
penting lainnya untuk manajemen rantai pasokan dan aktivitas perdagangan
kolaboratif lainnya secara lebih efisien.
·
Ruang
Pasar Internet.
Ruang pasar internet adalah ruang pasar online
dimana banyak pembeli dapat berinteraksi dengan banyak penjual.Pertukaran
adalah ruang pasar internet yang secara independen dimiliki oleh pihak ketiga,
yang menghubungkan ribuan pemasok dan pembeli untuk aktivitas pembelian di
tempat.
·
Sistem
Pembayaran E-Commerce.
Sistem pembayaran e-commerce pada dasarnya
bersifat elektronik, artinya pembeli membayar sejumlah uang kepada penjual
melalui uang elektronik yang bisa berupa kartu kredit, transfer uang, dan
sebagainya.
Jenis-jenis sistem pembayaran elektronik
diantaranya :
·
Sistem
pembayaran kartu kredit digital.
·
Sistem
pembayaran mikro.
·
Sistem
pembayaran digital dengan saldo terakumulasi.
·
Sistem
pembayaran nilai tersimpan.
·
Sistem
pembayaran rekan ke rekan.
Teknologi internet dan e-commerce jauh
lebih kaya dan kuat daripada revolusi teknologi sebelumnya seperti radio,
televisi, dan telepon.
Ubiquity
Dalam perdagangan tradisional, pasar
adalah tempat fisik, seperti toko ritel, yang Anda kunjungi untuk bertransaksi
bisnis.
Jangkauan Global
Teknologi E-commerce memungkinkan
transaksi komersial untuk menyeberangi batas-batas budaya dan nasional jauh
lebih nyaman dan biaya efektif daripada benar dalam perdagangan tradisional.
Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk e-commerce pedagang kira-kira sama dengan
ukuran dari populasi online dunia (diperkirakan lebih dari 1,9 miliar, dan
berkembang pesat) (Internetworldstats.com, 2010).
Universal Standar
Salah satu fitur mencolok yang tidak
biasa dari teknologi e-commerce adalah bahwa standar teknis Internet dan,
karena itu, standar teknis untuk melakukan e-commerce adalah standar universal.
Kesempurnaan
Kekayaan informasi mengacu pada
kompleksitas dan isi pesan. Pasar tradisional, pasukan penjualan nasional, dan
toko ritel kecil memiliki kekayaan besar:
Interaktivitas
Tidak seperti teknologi komersial abad
kedua puluh, dengan kemungkinan pengecualian dari telepon, teknologi e-commerce
yang interaktif, yang berarti mereka memungkinkan untuk komunikasi dua arah
antara pedagang dan konsumen.
Informasi Density
Internet dan Web sangat meningkatkan
kepadatan-informasi jumlah total dan kualitas informasi yang tersedia untuk
semua pelaku pasar, konsumen, dan pedagang sama. Teknologi E-commerce
mengurangi pengumpulan informasi, penyimpanan, pengolahan, dan biaya komunikasi
sementara sangat meningkatkan mata uang, akurasi, dan ketepatan waktu
informasi.
Personalisasi /
Kustomisasi
Teknologi E-commerce memungkinkan
personalisasi: Pedagang dapat menargetkan pesan pemasaran mereka untuk individu
tertentu dengan menyesuaikan pesan untuk nama orang, minat, dan pembelian
terakhir. Teknologi ini juga memungkinkan kustomisasi-mengubah produk atau jasa
yang disampaikan berdasarkan preferensi pengguna atau perilaku sebelumnya.
Teknologi Sosial:
Pengguna Konten Generasi dan Jaringan Sosial
Berbeda dengan teknologi sebelumnya,
teknologi internet dan e-commerce telah berevolusi menjadi lebih sosial dengan
memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi dengan teman-teman pribadi
mereka (dan komunitas di seluruh dunia besar) konten dalam bentuk teks, video,
musik, atau foto.
E-commerce berhubungan dengan transaksi
komersial digital di antara berbagai organisasi dan perorangan. Terdapat tujuh
kelebihan dari e-commerce:
1.
Tekhnologi
e-commerce ada dimana-mana
2.
Tekhnologi
ini diterapkan secara global
3.
Tekhnologi
ini dioperasikan dengan standar universal yang digunakan oleh semua negara
didunia
4.
Tekhnologi
ini menjadikan informasi lebih kaya
5.
Tekhnologi
e-commerce sifatnya interaktif
6.
Tekhnologi
ini meningkatkan kepadatan informasi
7.
Tekhnologi
ini membuat personalisasi dan penyesuaian dapat dilakukan
Internet telah menghasilkan pasar digital,
dimana jutaan orang dapat saling bertukar informasi dalam jumlah besar secara
langsung, cepat, dan gratis.Pasar digital lebih transparan, fleksibel, dan
efisien, banyak kesempatan untuk menjual secara langsung ke pembeli tanpa harus
melalui perantara seperti distributor atau toko eceran.
Barang digital
adalah barang seperti musik,video, peranti lunak, koran, majalah, dan buku yang
disampaikan melalui jaringan digital. Model bisnis yang didasarkan pada
penyampaian barang digital menjadi tantangan bagi banyak toko buku, penerbit,
label musik, dan studio film yang sangat bergantung pada pengiriman dari barang
dalam konsep tradisional.
Internet telah mengubah proposisi nilai
dan model bisnis
Internet
secara radikal mengurangi biaya pembuatan, pengiriman, dan penyimpanan
informasi sementara membuat informasi tersebut semakin tersedia.Internet dapat
membantu perusahaan menciptakan dan mendapatkan keuntungan dengan cara-cara
baru melalui menambahan nilai pada produk dan layanan yang ada, atau dengan
menyediakan fondasi bagi produk dan layanan baru. Banyak model bisnsis yang
berbeda untuk e-commerce di internet telah bermunculan, termasuk toko virtual,
perantara informasi, perantara transaksi, ruang pasar internet, penyedia isi,
penyedia layanan online, komunitas virtual, dan portal.
Berbagai jenis e-commerce dan
e-commerce yang telah mengubah cara menjual dan transaksi bisnis ke bisnis
Tiga jenis
e-commerce yang utama adalah: bisnis ke konsumen(B2C), bisnis ke bisnis (B2B),
dan konsumen ke konsumen (C2C). Cara lain untuk mengklasifikasikan transaksi
e-commerce adalah berdasarkan hubungan fisik pesertanya ke internet.
Internet
memberikan serangkaian tekhnologi yang tersedia secara universal untuk
e-commerce yang dapat digunakan untuk menciptakan saluran-saluran baru untuk
pemasaran, penjualan, dukungan pelanggan, dan untuk menghilangkan perantara
dalam transaksi jual beli.
E-commerce B2B
menciptakan efisiensi dengan membuat perusahaan untuk mendapatkan pemasok,
meminta penawaran, melakukan pemesanan, dan melacak pengiriman secara
elektronik.
Peranan m-commerce dalam bisnis dan
menjelaskan aplikasi-aplikasi m-commerce yang terpenting
M-commerce
menggunakan internet dalam pembelian produk dan lyanan selain juga menyampaikan
pesan menggunakan perangkat mobile nirkabel.Yang sesuai dengan aplikasi
berbasis lokasi, seperti restoran, hotel, mengamati lalu lintas dan cuaca
lokal.M-commerce membutuhkan sistem pembayaran digital yang khusus yang dapat
menangani pembayaran mikro, karena sebagian besar pembelian m-commerce saat ini
nilai nominalnya kecil.
M-commerce
mewakili sebagian kecil dari semua pembelian online karena perangkat mobile
nirkabel tidak dapat menampilkan gambar barang dagangan dengan baik.M-commerce
dapat memanfaatkan sistem pembayaran yang memiliki interoperabilitas untuk
perangkat-perangkat nirkabel dan mempercepat jaringan nirkabel untuk mendukung
komunikasi data yang lebih lengkap
Beberapa sistem pembayaran utama untuk
e-commerce
Sistem
pembayaran kartu kredit digital, dompet digital, sistem pembayaran digital
dengan saldo terakumulasi, sistem pembayaran nilai tersimpan, uang tunai
digital, sistem pembayaran rekan ke rekan, cek digital, dan sistem pembayaran
dan penyampaian tagihan elektronik. Sistem saldo yang terakumulasi, sistem
nilai tersimpan, dan uang tunai digital bermanfaat untuk pembayaran mikro yang
terkecil.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. E-Commerce: Pasar Digital, Barang
Digital. http://www.etunas.com/web/e- commerce-pasar-digital-barang-digital.htm, diakses 16 Mei 2016.
Fadhilah, Elfan. 2015.
E-Commerce: Digital Maket, Digital Goods. http://elfanfadhilah1996.blog.upi.edu/2015/10/25/ringkasan-s-i-m-chapter-10- e, diakses 16 Mei 2016.
Chapter
10. E-commerce: Digital Markets, Digital Goods. Louden P.jane and
Louden C.Kenneth. 2012. Prentice
Hall.
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
ReplyDeletemampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia
KABAR BAIK!!!
ReplyDeleteNama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.
Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak.