Tuesday, February 19, 2019

E-Commerce: Pasar Digital, Barang Digital

E-Commerce: Pasar Digital, Barang Digital

Saat ini perdagangan barang dan jasa banyak yang menggunakan sistem e-commerce atau penjualan secara elektronik dikarenakan manfaat yang diperolehnya dibanding berjualan secara konvensional.Berjualan secara elektronik membuat barang yang diproduksi suatu perusahaan lebih mudah dipromosikan kepada masyarakat dan mempermudah masyarakat untuk mengakses dan memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan.
1.      E-Commerce dan Internet
E-commerce adalah lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersial terjadi diantara banyak organisasi dan individu.Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang terjadi dalam internet dan web.Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya uang) melintasi batas-batas organisasi atau individu sebagai imbalan atas barang dan jasa.E-commerce dimulai pada tahun 1995 ketika salah satu portal internet yang pertama, Netscape.com, menerima iklan pertama dari perusahaan-perusahaan besar dan mempopulerkan ide bahwa web dapat digunakan sebagai medium baru untuk beriklan dan berjualan.
Sifat unik internet dan web.Penjelasan sederhananya, internet dan teknologi e-commerce jauh lebih kaya dan canggih daripada revolusi teknologi yang sebelumnya.Adapun yang menjadi kelebihan dari e-commerce adalah sebagai berikut.
Ada dimana-mana : E-commerce ada dimana-mana berarti e-commerce memang terdapat dimana saja dan kapan saja. E-commerce memungkinkan kita berbelanja dari komputer pribadi, dirumah, ditempat kerja atau bahkan dari kendaraan, dengan menggunakan mobile e-commerce. Hasilnya disebut dengan ruang pasar(marketspace) – pasar yang diperluas melintasi batas-batas tradisional dan bukan lagi dari sebuah lokasi geografis yang sifatnya sementara.
Jangkauan global : teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dari suatu sistem perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk pedagang e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia.
Standar universal : standar teknik universal dari internet dan e-commerce berpengaruh besar terhadap rendahnya biaya masuk pasar – biaya yg harus dikeluarkan oleh standar universal mengurangi biaya pencarian– usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang sesuai dengan keinginan mereka.
Kaya manfaat : dalam hal informasi, istilah kaya manfaat merujuk pada kompleksitas dan isi dari suatu pesan.
Interaktif : interaktivitas memungkinkan seorang penjual online terlibat dengan pelanggan dengan cara yang sama seperti aktivitas tatap muka, tetapi dengan skala yang lebih besar dan global.
Kepadatan informasi : kepadatan informasi – jumlah keseluruhan dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua peserta, pelanggan dan penjual dipasar.
– Personalisasi/penyesuaian : personalisasi adalah pedagang dapat mengarahkan pesan pemasarannya pada orang-orang tertentu dengan menyesuaikan pesannya sesuai nama, alamat,minat, dan pembelian orang dimasa lalu. Penyesuaian adalah mengubah barang atau jasa yang dijual sesuai dengan preferensi pengguna atau perilaku yang ia tunjukkan sebelumnya.
Konsep utama dalam e-commerce adalah pasar digital dan barang digital.
Internet sangat mengurangi biaya untuk mendapatkan dan mendistribusikan informasi, dan menciptakan sebuah pasar digital dimana jutaan orang dapat bertukar jumlah besar informasi secara langsung, cepat, dan gratis. Sebagai hasilnya, internet telah mengubah cara perusahaan menjalankan kegiatan bisnisnya.
Pasar digital sangat fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang sangat kecil, menu cost (biaya menu, biaya penjual akibat perubahan harga) yang lebih rendah, diskriminasi harga, dan kemampuan untuk mengubah harga dengan dinamis yang disesuaikan dengan kondisi pasar. Dalampenentuan harga dinamis harga dari sebuah barang bergantung pada sebuah karakteristik permintaan dari konsumen atau situasi pasokan dari penjual.
Barang digital adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital.Pada umumnya, untuk barang digital, biaya marginal untuk menghasilkan satu unit tambahan nyaris tidak ada.Tetapi biaya untuk menghasilkan unit asli yang pertama ternyata cukup tinggi.

2.      Komunikasi dan Komunitas
Internet telah menciptakan banyak sekali komunitas online dimana orang-orang dengan minat sama dapat saling bertukar ide daribanyak lokasi yang berbeda. Sumber pendapatan pertama dari komunitas ini adalah penyediaan sarana untuk klien perusahaan untuk membidik pelanggannya, termasuk penempatan iklan banner dan iklan pop-up disitus web. Iklan banner adalah tampilan grafis disebuah halaman web perusahaan pengiklan, jadi ketika seseorang mengklik banner tersebut, ia secara otomatis akan pindah ke halaman web yang lebih banyak mengandung informasi tentang perusahaan pengiklannya.

3.      Jenis E-Commerce.
Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan transaksi e-commerce. Tiga kategori utama dari e-commerce adalah bisnis ke konsumen, bisnis ke bisnis, dan konsumen ke konsumen
a.      E-commerce bisnis ke konsumen – melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada pembeli perorangan.
b.      E-commerce bisnis ke bisnis – melibatkan penjualan produk dan layanan antar perusahaan.
c.       E-commerce konsumen ke konsumen – melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen.

4.      Mencapai Kedekatan dengan Pelanggan : Pemasaran Interaktif,   Personalisasi, dan Swalayan

Pemasaran interaktif dan personalisasi
Alat penelusuran clickstream mengumpulkan data tentang aktivitas pelanggan di situs-situs web dan mencatat data tersebut.
·         Blog
            Muncul sebagai alat pemasaran berbasis web lainnya yang menjanjikan. Blog istilah weblog adalah halaman web pribadi yang biasanya berisi catatan urut secara kronologis oleh penulisnya dan dihubungkan ke halaman-halaman web yang berkaitan.
·         Layanan Pribadi Pelanggan
Banyak perusahaan menggunakan situs web dan email untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan untuk memberikan informasi barang kepada pelanggan, mengurangi kebutuhan tenaga yang ahli menangani pelayanan bagi pelanggan.



5.      E-Commerce Bisnis ke Bisnis : Efisiensi dan Hubungan Baru.
Sekitar 80 persen dari e-commerce B2B masih didasarkan pada sistem berbayar untuk pertukaran data elektronik yang memungkinkan pertukaran informasi komputer antara dua organisasi dari transaksi standar, seperti penagihan, surat jalan, penjadwalan, atau pesanan pembelian.
·         Pertukaran Data Elektronik (EDI).
Perusahaan menggunakan EDI untuk mengotomatisasi transaksi untuk e-commerce B2B dengan pengisian persediaan secara kontinu.Pemasok dapat otomatis mengirimkan data tentang pengiriman kepada perusahaan pembeli.Perusahaan pembeli dapat menggunakan EDI untuk menyediakan kebutuhan produksi dan persediaan dan pembayaran kepada pemasok.
·         Jaringan Industri Swasta.
Jaringan industri swasta, juga dikenal sebagai pertukaran swasta, menghubungkan perusahaan ke pemasok, dan mitra bisnis penting lainnya untuk manajemen rantai pasokan dan aktivitas perdagangan kolaboratif lainnya secara lebih efisien.
·         Ruang Pasar Internet.
Ruang pasar internet adalah ruang pasar online dimana banyak pembeli dapat berinteraksi dengan banyak penjual.Pertukaran adalah ruang pasar internet yang secara independen dimiliki oleh pihak ketiga, yang menghubungkan ribuan pemasok dan pembeli untuk aktivitas pembelian di tempat.
·         Sistem Pembayaran E-Commerce.
Sistem pembayaran e-commerce pada dasarnya bersifat elektronik, artinya pembeli membayar sejumlah uang kepada penjual melalui uang elektronik yang bisa berupa kartu kredit, transfer uang, dan sebagainya.
Jenis-jenis sistem pembayaran elektronik diantaranya :
·         Sistem pembayaran kartu kredit digital.
·         Sistem pembayaran mikro.
·         Sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi.
·         Sistem pembayaran nilai tersimpan.
·         Sistem pembayaran rekan ke rekan.

Teknologi internet dan e-commerce jauh lebih kaya dan kuat daripada revolusi teknologi sebelumnya seperti radio, televisi, dan telepon.
Ubiquity
Dalam perdagangan tradisional, pasar adalah tempat fisik, seperti toko ritel, yang Anda kunjungi untuk bertransaksi bisnis.
Jangkauan Global
Teknologi E-commerce memungkinkan transaksi komersial untuk menyeberangi batas-batas budaya dan nasional jauh lebih nyaman dan biaya efektif daripada benar dalam perdagangan tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk e-commerce pedagang kira-kira sama dengan ukuran dari populasi online dunia (diperkirakan lebih dari 1,9 miliar, dan berkembang pesat) (Internetworldstats.com, 2010).
Universal Standar
Salah satu fitur mencolok yang tidak biasa dari teknologi e-commerce adalah bahwa standar teknis Internet dan, karena itu, standar teknis untuk melakukan e-commerce adalah standar universal.
Kesempurnaan
Kekayaan informasi mengacu pada kompleksitas dan isi pesan. Pasar tradisional, pasukan penjualan nasional, dan toko ritel kecil memiliki kekayaan besar:
Interaktivitas
Tidak seperti teknologi komersial abad kedua puluh, dengan kemungkinan pengecualian dari telepon, teknologi e-commerce yang interaktif, yang berarti mereka memungkinkan untuk komunikasi dua arah antara pedagang dan konsumen.
Informasi Density
Internet dan Web sangat meningkatkan kepadatan-informasi jumlah total dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua pelaku pasar, konsumen, dan pedagang sama. Teknologi E-commerce mengurangi pengumpulan informasi, penyimpanan, pengolahan, dan biaya komunikasi sementara sangat meningkatkan mata uang, akurasi, dan ketepatan waktu informasi.
Personalisasi / Kustomisasi
Teknologi E-commerce memungkinkan personalisasi: Pedagang dapat menargetkan pesan pemasaran mereka untuk individu tertentu dengan menyesuaikan pesan untuk nama orang, minat, dan pembelian terakhir. Teknologi ini juga memungkinkan kustomisasi-mengubah produk atau jasa yang disampaikan berdasarkan preferensi pengguna atau perilaku sebelumnya.
Teknologi Sosial: Pengguna Konten Generasi dan Jaringan Sosial
Berbeda dengan teknologi sebelumnya, teknologi internet dan e-commerce telah berevolusi menjadi lebih sosial dengan memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi dengan teman-teman pribadi mereka (dan komunitas di seluruh dunia besar) konten dalam bentuk teks, video, musik, atau foto.
E-commerce berhubungan dengan transaksi komersial digital di antara berbagai organisasi dan perorangan. Terdapat tujuh kelebihan dari e-commerce:
1.      Tekhnologi e-commerce ada dimana-mana
2.      Tekhnologi ini diterapkan secara global
3.      Tekhnologi ini dioperasikan dengan standar universal yang digunakan oleh semua negara didunia
4.      Tekhnologi ini menjadikan informasi lebih kaya
5.      Tekhnologi e-commerce sifatnya interaktif
6.      Tekhnologi ini meningkatkan kepadatan informasi
7.      Tekhnologi ini membuat personalisasi dan penyesuaian dapat dilakukan

 Internet telah menghasilkan pasar digital, dimana jutaan orang dapat saling bertukar informasi dalam jumlah besar secara langsung, cepat, dan gratis.Pasar digital lebih transparan, fleksibel, dan efisien, banyak kesempatan untuk menjual secara langsung ke pembeli tanpa harus melalui perantara seperti distributor atau toko eceran.
Barang digital adalah barang seperti musik,video, peranti lunak, koran, majalah, dan buku yang disampaikan melalui jaringan digital. Model bisnis yang didasarkan pada penyampaian barang digital menjadi tantangan bagi banyak toko buku, penerbit, label musik, dan studio film yang sangat bergantung pada pengiriman dari barang dalam konsep tradisional.

Internet telah mengubah proposisi nilai dan model bisnis
Internet secara radikal mengurangi biaya pembuatan, pengiriman, dan penyimpanan informasi sementara membuat informasi tersebut semakin tersedia.Internet dapat membantu perusahaan menciptakan dan mendapatkan keuntungan dengan cara-cara baru melalui menambahan nilai pada produk dan layanan yang ada, atau dengan menyediakan fondasi bagi produk dan layanan baru. Banyak model bisnsis yang berbeda untuk e-commerce di internet telah bermunculan, termasuk toko virtual, perantara informasi, perantara transaksi, ruang pasar internet, penyedia isi, penyedia layanan online, komunitas virtual, dan portal.

Berbagai jenis e-commerce dan e-commerce yang telah mengubah cara menjual dan transaksi bisnis ke bisnis
Tiga jenis e-commerce yang utama adalah: bisnis ke konsumen(B2C), bisnis ke bisnis (B2B), dan konsumen ke konsumen (C2C). Cara lain untuk mengklasifikasikan transaksi e-commerce adalah berdasarkan hubungan fisik pesertanya ke internet.
Internet memberikan serangkaian tekhnologi yang tersedia secara universal untuk e-commerce yang dapat digunakan untuk menciptakan saluran-saluran baru untuk pemasaran, penjualan, dukungan pelanggan, dan untuk menghilangkan perantara dalam transaksi jual beli.
E-commerce B2B menciptakan efisiensi dengan membuat perusahaan untuk mendapatkan pemasok, meminta penawaran, melakukan pemesanan, dan melacak pengiriman secara elektronik.

Peranan m-commerce dalam bisnis dan menjelaskan aplikasi-aplikasi m-commerce yang terpenting
M-commerce menggunakan internet dalam pembelian produk dan lyanan selain juga menyampaikan pesan menggunakan perangkat mobile nirkabel.Yang sesuai dengan aplikasi berbasis lokasi, seperti restoran, hotel, mengamati lalu lintas dan cuaca lokal.M-commerce membutuhkan sistem pembayaran digital yang khusus yang dapat menangani pembayaran mikro, karena sebagian besar pembelian m-commerce saat ini nilai nominalnya kecil.
M-commerce mewakili sebagian kecil dari semua pembelian online karena perangkat mobile nirkabel tidak dapat menampilkan gambar barang dagangan dengan baik.M-commerce dapat memanfaatkan sistem pembayaran yang memiliki interoperabilitas untuk perangkat-perangkat nirkabel dan mempercepat jaringan nirkabel untuk mendukung komunikasi data yang lebih lengkap

Beberapa sistem pembayaran utama untuk e-commerce
Sistem pembayaran kartu kredit digital, dompet digital, sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi, sistem pembayaran nilai tersimpan, uang tunai digital, sistem pembayaran rekan ke rekan, cek digital, dan sistem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik. Sistem saldo yang terakumulasi, sistem nilai tersimpan, dan uang tunai digital bermanfaat untuk pembayaran mikro yang terkecil.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. E-Commerce: Pasar Digital, Barang Digital. http://www.etunas.com/web/e-         commerce-pasar-digital-barang-digital.htm, diakses 16 Mei 2016.
Fadhilah, Elfan. 2015. E-Commerce: Digital Maket, Digital Goods.                        http://elfanfadhilah1996.blog.upi.edu/2015/10/25/ringkasan-s-i-m-chapter-10-        e, diakses 16 Mei 2016.
Chapter 10. E-commerce: Digital Markets, Digital Goods. Louden P.jane and Louden            C.Kenneth. 2012. Prentice Hall.








2 comments:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    ReplyDelete